Rabu, 14 Maret 2018

Keseimbangan Kegiatan Akademik dan Ekstra Kurikuler Sekolah Islam Terpadu

Kegiatan Akademik dan Ekstra Kurikuler Sekolah Islam Terpadu MTs Tahfidzul Qur'an Azhar Center Makassar


Tidak semua siswa memiliki keunggulan dibidang akademik justru justru beberapa siswa menonjol dalam bidang seni dan olahraga . Oleh karena itu pada postingan kali ini diberi judul Perlunya Keseimbangan Kegiatan Akademik dan Non-Akademik (Ekstra Kurikuler). itulah pernyataan yang sering kita jumpai.

Sebelumnya perlu kita bahas Apa Akademik itu? dan Apa non-Akademik / Ekstra Kurikuler itu?. Akademik adalah seluruh lembaga akademis. Itu adalah ilmiah, sifat ilmu pengetahuan, teori ini adalah jawaban praktis yang berarti secara langsung. Baik pendidikan formal akademik anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan kejuruan, dan pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni tertentu .



Sedangkan kegiatan non-akademik dalam sekolah / Madrasah sering dinamakan kegiatan ekstra kurikuler. Yaitu kegiatan di luar materi pelajaran sekolah wajib. Kegiatan ekstrakurikuler dilakukan peserta didik atau siswa, dari jam belajar kurikulum standar. Kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Kegiatan ekstrakurikuler dimaksudkan untuk memungkinkan siswa untuk mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuan dalam berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara independen dari sekolah dan siswa sendiri untuk kegiatan perintis di luar jam sekolah.

Dan yang lebih penting mana, antara akdemik dan non-akademik /ekstrakurikuler? Keduanya sama-sama penting. Untuk itu, kita membutuhkan suatu cara untuk menyeimbangkan antara keduanya.

Sebuah Pilihan

Dalam hidup kita perlu terlebih dahulu membuat daftar prioritas dari hal yang terpenting, kemudian hal yang agak penting sampai hal yang kurang begitu penting. Jika minat kita dalam olah raga memiliki minat yang kuat di bidang akademik, itu berarti kita harus rela kehilangan waktu untuk Online di Facebook, nonton TV, bermain game online dan hal-hal lain sehingga memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan tugas. Sementara kegiatan ekstra kurikuler tidak benar-benar wajib, mereka pasti memainkan peran penting dalam pendidikan, melengkapi apa yang kita pelajari di kelas. Salah satu cara terbaik untuk menjaga diri termotivasi adalah untuk menyeimbangkan hadiahi diri Anda sendiri.

Beberapa poin untuk dapat dijadikan pertanyaan prioritas :
  • Berapa jam yang diperlukan untuk mengulang pelajaran di sekolah/madrasah ?
  • Dapat mengejar ketinggalan materi pelajaran jika kita mengikuti non-akademik ?
  • Apakah kita memiliki waktu luang yang cukup untuk berpartisipasi dalam kegiatan lain misalnya non-akademik ?
  • Pilihlah kegiatan yang menurt anda benar-benar penting ?

Dari pertanyaan–pertanyaan tersebut kita dapat memprioritaskan kepentingan diri sendiri dan mengarahkan hidup ke arah yang benar, sehingga pendidikan akademis tidak hanya tetapi juga untuk mengembangkan keterampilan profesional melalui ekstrakurikuler.

Demikian beberapa uraian kami dalam postingan kali ini. Perlunya Keseimbangan Kegiatan Akademik dan Non-Akademik (Ekstrakurikuler), terimakasih. berharap dapat kunjungan berikutnya...

===
Madrasah Tsnawiyah Tahfidzul Qur'an Azhar Center Makassar
Sekolah Islam Terpadu, SMP Islam Terpadu, Berprestasi Favorit Terbaik di Makassar